Thursday, July 25, 2013

cara memperbaiki computer yang terkena virus tanpa install ulang

Selamat pagi blogger mania, pernahkah sobat mengalami masalah bahwa computer sobat terkena virus, dan virus tersebut udah sangat bandel untuk discan, bahkan antivirus sobat bisa sampe rusak /error. Apakah harus install Ulang? Atau ke tukang servis computer?

Install ulang bukan satu-satunya penyelesaian masalah, ketika computer di install ulang otomatis semua aplikasi di computer akan hilang, dan kita harus menginstalnya lagi, itupun kalo kita punya driver ya, kalau tidak, kita pergi ke tukang servis computer, dan pasti kita mengeluarkan biaya.

Kali ini Maz Agung akan share bagaimana cara memperbaiki computer yang terkena virus tanpa install ulang. Dan ikuti langkahnya.

LANGKAH 1: Back Up Dokumen, Foto dan Video.
Simpan data penting sobat ke drive eksternal. Dan scan data tersebut di laptop/warnet agar file tersebut bersih dari virus. Tapi Maz Agung sarankan diwarnet karena antivirusnya selalu ter-update.

LANGKAH 2: Reboot/restart dalam Safe Mode
Sobat harus mencegah virus berjalan ketika sobat mencoba untuk menghapusnya. Untuk melakukan ini, reboot dalam mode aman. Safe mode hanya berjalan sistem operasi Windows dan program kunci. Ini adalah cara untuk membatasi malware apapun dari peluncuran. Restart komputer sobat dan tekan tombol F8 pada keyboard berulang kali sampai sobat mendapatkan ke layar hitam dengan pilihan untuk restart pada Safe Mode. Pilih “Safe Mode dengan Jaringan” sehingga sobat masih bisa mendapatkan di Internet.

LANGKAH 3: Download Virus Scanner / Alat Penghapusan
Saya sarankan download 2-3 program yang berbeda untuk menemukan dan menghapus malware, yaitu: 

Malwarebytes, klik disini
SuperAntiSpyware, klik disini
PC Tools
, klik disini

setelah didownload, install ketiganya dan kemudian jalankan masing-masing. Ini akan memakan waktu cukup lama. Ketika program mencari virus atau item mencurigakan, memungkinkan program untuk menghapus file.

LANGKAH 4: Reboot/restart Biasa & tambah system keamanan
Reboot komputer sobat secara normal, tidak perlu untuk mode aman. sobat harus kembali normal sekarang. Sebelum sobat memasukkan kembali file yang di Back up, alangkah baiknya instal antivirus, seperti AVG, Avira, Norton, dll

LANGKAH 5: Update Antivirus
Dan Update antivirus sobat setiap ada pemberitahuan dari antivirus bahwa antivirus minta diupdate, saran Maz Agung minimal 1 minggu di Update jika computer/laptop digunakan setiap hari.

Demikian tips dari Mas Agung, semoga bermanfaat.

No comments:

Translate